Blog Pesantren Budaya Nusantara adalah sebuah inovasi pendidikan non formal berbasis Budaya Islam Nusantara di dunia maya yang memiliki tujuan memelihara, melestarikan, mengembangkan secara inovatif warisan budaya Nusantara yang adiluhung di tengah arus gelombang globalisasi yang akan menghapus identitas etnis, budaya, bahasa, agama, negara

Misteri Harta Karun Bung Karno


Oleh: Izzulfikri M. Ansorullah    
         Satu pagi di Padhepokan Grind Punk yang diasuh Kyai Semar Puzz, terjadi keributan sewaktu para cantrik berebut membaca hasil printer berita berjudul ‘Anak Angkat Soekarno dan Soeharto Menipu di New Zealand’ yang dimuat surat kabar The Timaru Herald. Yang membuat para cantrik penasaran, pesona dari isu harta karun Bung Karno ternyata tidak hanya diyakini orang Indonesia, melainkan dipercaya juga oleh orang-orang New Zealand. Lalu, seperti nasib orang-orang Indonesia yang tertipu, orang-orang New Zealand yang percaya itu juga terkena hoax..ketipu!
            Petruk Puff yang sudah membaca berita penipuan itu berulang-ulang, hanya sedikit berkomentar,”Nipu di New Zealand Rp 15,3 miliar,  divonis tiga tahun dua bulan. Itu sudah pantas, karena nilai uang Rp 15,3 miliar itu tidak cukup tinggi untuk ukuran New Zealand.”

            “Tapi Gayus dihukum enam tahun, kang, padahal korup ratusan miliar,” sahut Bagong Purr.
            “Wah hukum di negeri ini jangan dijadikan patokan ukuran,” sahut Petruk Puff.
            “Tapi kang,” sahut  Sangut Pull menyela,”Kok bisa ya orang-orang New Zealand percaya dengan omongan penipu seperti  James Lindon Graham yang membawa-bawa nama Bung Karno?”
            “Ya Bung Karno kan namanya sudah masyhur di mana-mana. Lalu isu harta karun Bung Karno yang dihembuskan Orde Baru, sudah menyebar pula di mana-mana seolah Bung Karno itu seperti para penguasa Orde Baru yang hidup bertimbun harta benda dan duit,” sahut Petruk Puff.
            “Tapi bagaimana lagi,” sahut Bagong Purr menimpali,”James Lindon Graham bisa menunjukkan dokumen aspal dari harta Bung Karno di Spanyol senilai US $ 13,8 juta,  dokumen aspal rumah Bung Karno di Christchurch senilai US $ 3,6 juta, dan aset Bung Karno di perusahaan  Oamaru senilai US $ 800 juta, dokumen emas lantakan milik Bung Karno di Swiss Bank senilai US $ 50 – 100 juta. Jadi orang-orang tua di New Zealand yang pernah mengetahui kemasyhuran Bung Karno dan kekayaan Soeharto, tergiur omongan James Lindon Graham, sang penipu itu.”
            “Tapi kang, sejatinya ada tidak sih harta karun Bung Karno?” tanya Sangut Pull ingin tahu.
            “Harta karun apa?” sahut Petruk Puff datar,”Waktu Bung Karno lengser, ditahan di Wisma Yasso, anak-anak dan isteri-isterinya terlantar. Bung Karno tidak punya rumah pribadi apalagi harta karun. Guntur, Megawati, Rahmawati, Sukmawati, Guruh, dan Bu Fatmawati ngontrak rumah setelah keluar dari istana. Anak-anak Bung Karno baru memiliki rumah pribadi setelah dikasi Pak Ali Sadikin, yang saat itu menjadi Dirjen Perhubungan Laut. Jadi harta karun apa yang dimiliki Bung Karno?”
            “Berarti semua itu cuma isu, kang?” gumam Sangut Pull.
            “Ya isu, untuk menunjukkan bahwa harta kekayaan yang dimiliki penguasa Orde Baru sejatinya adalah mengikuti contoh dan keteladanan yang diberikan Soekarno, yang menimbun harta karun. Isu harta karun Bung Karno itu, sama bohongnya dengan Surat Perintah Sebelas Maret – SUPER SEMAR; sama dustanya dengan skenario GESTAPU (Gerakan 30 September) yang sejatinya adalah GESTOK (Gerakan Satu Oktober); sama hoax-nya GERAKAN REFORMASI yang sejatinya hanya menggulingkan Soeharto tetapi Orde Baru tetap berkuasa dan jaya sampai yaumul akhir; semua hoax…bohong..dusta!” kata Petruk Puff dengan nada tinggi.
                   
Sumber: The Timaru Herald, www.tribunnews.com  
You have read this article Misteri with the title Misteri Harta Karun Bung Karno. You can bookmark this page URL https://pesantren-budaya-nusantara.blogspot.com/2011/10/misteri-harta-karun-bung-karno.html. Thanks!

No comment for "Misteri Harta Karun Bung Karno"

Post a Comment