Blog Pesantren Budaya Nusantara adalah sebuah inovasi pendidikan non formal berbasis Budaya Islam Nusantara di dunia maya yang memiliki tujuan memelihara, melestarikan, mengembangkan secara inovatif warisan budaya Nusantara yang adiluhung di tengah arus gelombang globalisasi yang akan menghapus identitas etnis, budaya, bahasa, agama, negara

Persaksian Indian Cherokee Muslim

Oleh Abdal Razzaq Mahir El
                 Nama saya Abdal Razzaq El-Mahir dan saya seorang warga suku Cherokee Blackfoot Indian Amerika yang merupakan  suku Muslim. Saya dikenal sebagai Eagle Sun Walker. Saya melayani suku saya sebagai Prajurit Pembawa Pipa untuk wilayah Timur Utara  Band of Cherokee Indian di New York City. Ada banyak Muslim lain dalam kelompok kami. Untuk sebagian besar, tidak banyak orang yang menyadari kontak asli Amerika dengan Islam yang dimulai lebih dari seribu tahun lalu oleh beberapa pengembara  Muslim awal yang mengunjungi tanah air kami. Beberapa pelancong Muslim akhirnya hidup di antara rakyat kami dan menikah dengan wanita-wanita kami.
             Bagi sebagian besar Muslim dan non-Muslim hari ini, jenis informasi ini tidak diketahui dan tidak pernah disebutkan dalam salah satu buku sejarah. Ada banyak dokumen, perjanjian, undang-undang dan resolusi yang berlalu antara tahun 1600-an dan 1800-an yang menunjukkan bahwa umat Islam pada kenyataannya ada  di sini dan sangat aktif dalam masyarakat di mana mereka tinggal. Perjanjian seperti Perdamaian dan Persahabatan yang ditandatangani di Sungai Delaware di tahun 1787 menanggung tanda tangan dari Abdel-Khak dan Muhammad bin Abdullah. Ini rincian perjanjian hak kami untuk terus ada sebagai sebuah komunitas di bidang perdagangan, maritim, perkapalan, bentuk pemerintahan saat itu yang sangat sesuai dengan Islam. Menurut pengadilan federal dari Kongres Kontinental, kita membantu menempatkan napas kehidupan ke dalam bingkai  konstitusi baru.  Semua dokumen saat ini ada  di Arsip Nasional serta Perpustakaan Kongres.
          . Jika Anda memiliki akses ke catatan di negara bagian South Carolina, membaca berbagai macam UU Moor tahun 1790. Dalam sebuah artikel yang akan datang, Insya Allah, saya akan masuk ke rincian lebih lanjut tentang berbagai suku, bahasa mereka, di mana beberapa di antaranya  dipengaruhi oleh bahasa Arab, Persia, kata Ibrani, hampir semua kosakata suku termasuk kata "Allah" dan  kode pakaian tradisional perempuan India termasuk gaun kimah yang panjang. Untuk pria, tarif standar turban dan atasan panjang yang turun ke lutut. Jika Anda melihat ada buku tua di pakaian Cherokee sampai saat 1832, Anda akan melihat pria mengenakan surban dan perempuan mengenakan penutup kepala panjang. Kepala Suku Cherokee terakhir yang memiliki nama Muslim adalah  Ramadhan Ibnu Wati dari Cherokee pada tahun 1866.
            Kota di seluruh Amerika Serikat dan Kanada menanggung nama-nama yang merupakan derivasi India dan Islam. Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa arti  nama Tallahassee? Ini berarti bahwa Dia Allah akan memberikan Anda suatu saat nanti.
          Sequoyah, pemimpin suku Cherokee Indian-Amerika  abad kesembilan belas, paling dikenal atas penemuan Suku-kata Cherokee pada tahun 1821. Ia dilahirkan dekat Fort Loudoun, di desa Tuskegee di sungai Tennessee pada tahun 1776, dan diberi nama 'Sikwoya'. Ibunya pindah ke Willstown, Alabama ketika ia masih kecil. Sequoyah menduduki jabatan di bawah Andrew Jackson dalam pertempuran Horseshoe Bend pada tahun 1812, dan bertarung dengan resimennya, yaitu  Cherokee melawan Redsticks Creek selama 1813-1814. Empat tahun kemudian ia kecewa dengan perjanjian dengan pemerintah AS yang mengambil sebagian besar dari (Shar-kee) tanah Cherokee. Sebagai konsekuensi dari perjanjian tahun 1816, ia pindah dengan warga lain ke negara Cherokee wilayah Kulit Bayou Arkansas (Ar Kan Sah). [Arkansas resmi menjadi bagian dari AS pada 1836.]
         Para sejarawan telah menyarankan bahwa Cherokee kuno bermigrasi dari utara Meksiko ke tepi timur Great Plains di wilayah Great Lakes. Kemudian, mereka mundur perlahan-lahan ke selatan setelah kekalahan mereka oleh Delaware dan Iroquois,  Pribumi Amerika. Pendapat yang kurang populer menunjukkan asal mereka dari cekungan sungai Orinoco dan Amazon di Amerika Selatan. Ada sepuluh juta penduduk asli Amerika di benua Amerika pada awal abad keenam belas. Hanya satu juta dari mereka selamat pada awal abad kesembilan belas. Orang-orang Cherokee telah dikenal dengan lusinan nama dan bahasa mereka dikenal sebagai  bentuk menyimpang dari keluarga bahasa Iroquoian. Mereka menempati tiga wilayah geografis yang berbeda dan berbicara dalam  tiga dialek yang berbeda yang dikenal sebagai Timur, Tengah dan Barat. Cherokee kuno mengidentifikasi diri mereka sebagai Ani'Yun'-wiya, yang berarti "orang yang nyata atau prinsipal"  Muslim legal  di Amerika awal - W. Afrika, Moor dan Amerindian.
           Selama abad kedelapan belas, orang-orang Cherokee terutama menetap di lebih dari empat puluh ribu mil persegi yang terdiri dari wilayah daerah yang lebih tinggi dari bagian Tenggara, Appalachian (Apa-la-che) pegunungan di Virginia barat daya, barat laut dan South Carolina, timur Tennessee (Tenasuh), utara Georgia, dan timur laut Alabama ( Allah bamya). Ini adalah wilayah yang sama di mana kelompok yang dikenal sebagai 'Melungeons' telah menetap. Pada 1840 hampir semua bagian timur suku asli Amerika dipaksa untuk bermigrasi ke wilayah baru mereka di sebelah barat Mississippi.
          Tradisi lisan Cherokee menunjukkan bahwa orang-orang Cherokee memiliki beberapa bentuk bahasa tertulis, namun penggunaannya semakin membusuk dalam periode antara abad keenam belas dan kedelapan belas karena nasib mereka berubah, migrasi berikutnya ke pegunungan di tenggara, dan terus mengisolasi rakyat mereka di berbagai bagian Amerika. Pada pertengahan abad kedelapan belas, suku yang paling Cherokee telah kehilangan semua bagian oral dan fonetik dari bahasa.
                Menyadari kemampuan komunikatif cepat memburuk suku Cherokee Amerika akibat meningkatnya pengaruh bahasa non-pribumi di antara mereka, Sequoyah menjadi termotivasi menggunakan bahasa itu untuk menyelamatkan bahasa Cherokee. Sequoyah sendiri tidak tahu bagaimana membaca atau menulis bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Pada tahap awal, Sequoyah menyadari bahwa bahasa Cherokee itu terdiri dari kelompok tertentu suara dan kombinasi tertentu dari vokal dan konsonan. Dia menghabiskan beberapa tahun mencoba untuk mewakili tulisan-tulisan lama Cherokee dalam simbol-simbol cetak yang tersedia.
            Sejarawan menceritakan bahwa Sequoyah, terpesona oleh kata-kata tercetak dan ditulis dalam bahasa Inggris, memutuskan untuk mengadopsi simbol Romawi dan Yunani. Namun, tampak bahwa ia juga menggunakan beberapa huruf Arab, simbol, dan sistem penulisan. Butuh upaya yang berdedikasi dua belas tahun, selama itu ia diejek oleh orang-orang nya untuk keasyikan dengan suku kata, dan pernah dinyatakan gila karena mengabaikan untuk memanen tanaman jagung. Pada 1821, Sequoyah menyelesaikan Suku-kata Cherokee dari 85 simbol yang mewakili hampir semua suara kemudian digunakan di dalam bahasa Cherokee.
             Sequoyah menyajikan suku kata dalam format tabel (pada Tablet) baris tiga belas dan enam kolom. Ini terdiri dari enam vokal, tujuh puluh delapan simbol yang mewakili kombinasi konsonan dan vokal, dan "s" suara. Tidak ada simbol untuk huruf Inggris B, F, J, P, R, T, dan X. Keenam vokal harus paralel dengan mereka dalam bahasa Arab. Ketika membaca dari kiri ke kanan, setiap baris mewakili sebuah alfabet dengan kombinasi tertentu atas vokal dan konsonan, dan suara terkait. Bahkan baris tiga belas delapan belas huruf yang mewakili. Sistem Sequoyah  ini mirip dengan yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab dan bahasa Muslim lainnya yang sangat dipengaruhi oleh penggunaan secara  universal dari bahasa Arab di kalangan umat Islam sejak abad ketujuh. Kesamaan suku kata  Sequoyah  dengan huruf Arab termasuk fonetik ditampilkan di bawah. Setara Arab ditampilkan (tidak semua) di sebelah kanan simbol Sequoyah dan pengucapannya. Dalam kolom pertama di mana beberapa entri berisi lebih dari satu simbol, huruf Arab yang sesuai ditampilkan di bawah simbol itu. Bila dibandingkan dengan rekan Arab mereka, beberapa simbol Sequoyah yang tampaknya baik terbalik, diputar atau keduanya. Hal ini mungkin karena keinginannya untuk memilih simbol itu dari bahan cetak yang tersedia 
            Sebagai pemimpin suku  Cherokee Barat, Sequoyah adalah seorang pria yang mencintai perdamaian yang diupayakan untuk membuat rakyatnya melek, dan membuat upaya besar untuk menyatukan mereka. Dia mempertahankan adat surban dan pakaian panjang, khas Muslim, sampai pada misi resmi ke Washington, DC untuk negosiasi perjanjian. Dia dijadikan subyek ceramah oleh Samuel Lorenzo Knapp. Potret terkenal dibuat pada tahun 1828 oleh Charles Raja Burung di Washington, DC, di mana Sequoyah tidak sendirian dalam mengenakan busana Muslim. Lebih dari selusin pemimpin asli-Amerika dari suku yang berlainan, termasuk Chippewa, Creek, Iowa, Kansas, Miami, Potawatomi, Sauk & Fox, Seminole, Shawnee, Sioux, Winnebago, dan Yuchi, mengenakan gaun kepala Muslim. Beberapa dari mereka mengenakan ikat kepala khas Arab. Potret terkenal mereka yang dipublikasikan antara 1835 dan 1870 membuktikan fakta sejarah  ini.
             Pada musim panas 1842,  Sequoyah meninggalkan rumahnya di Oklahoma ke Meksiko dan dengan delapan orang  teman-temannya yang dipercaya memberikan  pengajaran suku kata kepada  sesama warga Amerika asli.  Rute perjalanan yang dilewatinya merupakan wilayah yang  terlibat permusuhan. [Texas baru-baru ini diambil oleh AS dari Meksiko. Texas bergabung dengan AS di 1845. Wilayah New Mexico, Utah, Arizona, Nevada, dan California, di mana penduduk asli Amerika tinggal, kemudian menjadi bagian dari Meksiko tetapi dengan pertahanan militer kurang]. Sequoyah menghadapi beberapa peristiwa malang di jalan dan ia wafat pada tahun 1843 di dekat San Fernando, Tamaulipas di Meksiko. Makamnya tidak pernah ditemukan. Sequoyah hidup selama periode yang paling sulit dari sejarah penduduk asli-Amerika. Sekitar dua dekade kemudian, suku Cherokee yang  asli Indian-Amerika terakhir adalah  kepala suku dengan nama Ramadhan Ibnu Wati (dikenal sebagai Stand Watie [1806-71]; tidak ada R di dalam suku kata  Cherokee), yang menjabat sebagai ketua Konfederasi berpangkat brigadir jenderal, menyerahkan komandonya ke Amerika Serikat pada tanggal 23 Juni 1865.  Putranya Watie Saladin diajukan dalam delegasi Cherokee Selatan ke Washington, DC untuk menandatangani perjanjian baru dengan Amerika Serikat pada akhir Perang Sipil. Dia meninggal secara misterius pada usia dua puluh satu. (Saladin adalah nama inggris untuk Salahuddin, Sultan Islam terkenal yang membebaskan Yerusalem dari tentara salib pada tahun 1187).
          Pohon-pohon Redwood yang menjulang di California utara dinamai Sequoyah, dan patungnya dipajang  oleh negara bagian Oklahoma di Aula patung di Capitol nasional.
You have read this article Ukhuwah with the title Persaksian Indian Cherokee Muslim. You can bookmark this page URL https://pesantren-budaya-nusantara.blogspot.com/2011/10/persaksian-indian-cherokee-muslim.html. Thanks!

No comment for "Persaksian Indian Cherokee Muslim"

Post a Comment