Blog Pesantren Budaya Nusantara adalah sebuah inovasi pendidikan non formal berbasis Budaya Islam Nusantara di dunia maya yang memiliki tujuan memelihara, melestarikan, mengembangkan secara inovatif warisan budaya Nusantara yang adiluhung di tengah arus gelombang globalisasi yang akan menghapus identitas etnis, budaya, bahasa, agama, negara

Segera Terbit: Wali Songo - Rekonstruksi Sejarah Yang Disingkirkan


           
                   Jika Anda membaca Ensiklopedia Islam yang tujuh jilid dan mencari informasi tentang Wali Songo, dijamin tidak akan menemukan. Itu artinya, pada masa depan -- kira-kira 20 tahun ke depan -- Wali Songo akan tersingkir dari percaturan akademis karena keberadaan mereka tidak legitimated dalam eksiklopedia Islam. Wali Songo ke depan nanti akan tersingkir dari ranah sejarah dan tinggal mengisi ruang folklore sebagai cerita mitos dan legenda. Anehnya, di dalam Ensiklopedia Islam itu malah tercantum kisah tiga serangkai haji: Haji Miskin, Haji Sumanik, Haji Piabang sebagai pembawa ajaran Islam (Wahabi) ke Sumatera Barat. Itu berarti, anak cucu Anda kelak akan memiliki pemahaman bahwa Islam baru masuk ke Nusantara pada tahun 1803 Masehi, yaitu sewaktu tiga serangkai haji itu menyebarkan ajaran Wahabi ke Sumatera Barat.
           Dalam keserba-terbatasan segala hal, alhamdulillah buku tentang Wali Songo dengan pendekatan multi-disiplin: historis- arkeologi-aetiologis-etno historis -hermeneutika dan kajian budaya ini dapat terselesaikan. Artinya, dalam buku berjudul Wali Songo -Rekonstruksi Sejarah Yang Disingkirkan ini kisah-kisah dakwah Islam para tokoh Wali Songo yang membumi dengan proses sinkretisasi-asimilatif bisa dipertanggung-jawabkan secara ilmiah. Dengan prinsip 'bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya', begitulah saya berharap anak-anak bangsa di negeri tercinta ini dapat menghargai, menghormati, memuliakan, dan bahkan meneladani keluhur-budian dan kebijaksanaan yang telah diwariskan para pahlawan pendahulu  kita tersebut.
You have read this article Sejarah with the title Segera Terbit: Wali Songo - Rekonstruksi Sejarah Yang Disingkirkan. You can bookmark this page URL https://pesantren-budaya-nusantara.blogspot.com/2011/10/segera-terbit-wali-songo-rekonstruksi.html. Thanks!

No comment for "Segera Terbit: Wali Songo - Rekonstruksi Sejarah Yang Disingkirkan"

Post a Comment