Blog Pesantren Budaya Nusantara adalah sebuah inovasi pendidikan non formal berbasis Budaya Islam Nusantara di dunia maya yang memiliki tujuan memelihara, melestarikan, mengembangkan secara inovatif warisan budaya Nusantara yang adiluhung di tengah arus gelombang globalisasi yang akan menghapus identitas etnis, budaya, bahasa, agama, negara

Mengobati Anak Sakit (Lontar Usada Rare-1)

                 Oleh: K Ng H Agus Sunyoto
               Dalam usaha menggali dan mengembangkan pengetahuan pengobatan warisan leluhur  di Klinik Terkun, Mbah Haji Dana Husada yang dibantu Made Usada, alumnus Fakultas Sastra Universitas Udayana memperoleh sumber data tentang pengetahuan pengobatan leluhur yang dicatat dalam sejumlah lontar yang  dimiliki Pusat  Kajian Lontar. Sumber pengetahuan dalam lontar yang berisi resep-resep pengobatan herbal, ternyata tidak mudah mempraktekkannya dalam proses pengobatan riil karena istilah-istilah metodis dan nama-nama tanaman obat yang menggunakan Bahasa Jawa/Bali  Kuno tidak gampang disama-maknai dengan bahasa  orang Jawa zaman sekarang. Perlu kerja keras untuk menyesuaikan makna bahasa lebih dulu sebelum diuji empiris menjadi metode pengobatan yang komperehensif.    
              Oleh karena proses pembakuan bahasa dan uji empiris atas naskah-naskah kuno itu butuh waktu lama, Terkun Mbah Haji Dana Husada menerbitkan secara berkala data tentang pengetahuan pengobatan warisan leluhur itu, dengan harapan masyarakat di pedesaan yang masih mengenal nama-nama tanaman obat dari bahasa kuno dapat memanfaatkan informasi yang berguna tersebut. Data awal yang disebarkan kepada masyarakat adalah pengetahuan yang menyangkut Usada Rare (Pengobatan Anak), yang isinya sebegai berikut:

            Awighnàmàtu nama úidhaý. Nihan patngêraning rare kna wiûyà, yan tan pabayu, kna upas tawun, ngaran, tamba, úarana, gêndhis, isinrong, yeh jruk linglang, inum. Mwah yan magtra kukunya masuwat bàng, kna upas ring hyang, ngaran, tamba, úarana, dukut karàsti, adas,  bawang tambus, tàhap. Mwah yan makadudungan gêtih kukunya, kna upas warangan, ngaran, tamba, úarana, lunak tanêk, banyuning kabang jalikan, inum. Yaning jnar socanya asmu bàng, kna upas dewek, ngaran, tamba, úarana, carmmaning poh ijo, lunak tanêk, wenya bahêm warak, inum. Yan ya kuning kukunya, kna krikan gangsà, ngaran, tamba, úarana, kunir warangan, puriûyaning bebek, tahap,
           (Semoga tidak menemukan rintangan. Inilah tanda-tanda bayi terkena penyakit. Jika bayi lemah tanpa tenaga, dinamakan terserang penyakit upas tawun. Ramuan obatnya terdiri atas gula, sinrong, dan air jeruk nipis, diramu untuk diminum. Jika ada tampak garis-garis merah pada kuku si pasien, itu dinamakan terserang penyakit upas hyang. Ramuan obatnya terdiri atas rumput karasti, adas, bawang tambus, diramu untuk diminum. Jika pada kuku si pasien tampak gumpalan darah, dinamakan terkena penyakit upas warangan. Sarana obatnya terdiri atas asam, air beras, diramu untuk diminum. Jika mata si pasien tampak kuning agak kemerahan, dinamakan terserang penyakit upas dewek. Ramuan obatnya terdiri atas kulit mangga hijau, asam, air bayam merah, diramu untuk diminum. Jika kuku si pasien tampak berwarna kuning, dinamakan terserang penyakit krikan gangsa. Ramuan obatnya terdiri atas kunir warangan, kotoran itik, diramu untuk diminum).
         Dengan berprasangka baik bahwa Tuhan telah menyediakan obat kepada setiap bangsa dengan sumber daya alam yang ada di sekitarnya dan leluhur bangsa kita telah mengetahui hal tersebut lewat pengalaman panjang, semoga informasi pengobatan herbal yang resep dan metodenya dicatat untuk kita dapat memberikan manfaat bagi kita dalam mengatasi masalah kesehatan yang makin lama makin tak terjangkau masyarakat grass root. Dengan berpikiran positif bahwa tanaman obat di Nusantara selalu cocok dengan keadaan fisik maupun psikis orang-orang Nusantara, Insya Allah pengobatan herbal warisan leluhur ini akan cocok untuk mengobati anak-anak negeri ini.
Sumber: Lontar Usada Rare - Centre for Lontar Study Service - The Faculty of Letters Udayana University
You have read this article Primbon with the title Mengobati Anak Sakit (Lontar Usada Rare-1). You can bookmark this page URL https://pesantren-budaya-nusantara.blogspot.com/2011/12/mengobati-anak-sakit-lontar-usada-rare-1.html. Thanks!

No comment for "Mengobati Anak Sakit (Lontar Usada Rare-1)"

Post a Comment