Blog Pesantren Budaya Nusantara adalah sebuah inovasi pendidikan non formal berbasis Budaya Islam Nusantara di dunia maya yang memiliki tujuan memelihara, melestarikan, mengembangkan secara inovatif warisan budaya Nusantara yang adiluhung di tengah arus gelombang globalisasi yang akan menghapus identitas etnis, budaya, bahasa, agama, negara

Stephen Hawking dan Teori Big Bang


 Oleh: Yossi
          
Stephen Hawking
           Stephen William Hawking, CH, CBE, FRS (lahir di Oxford, Britania Raya, 8 Januari 1942; umur 71 tahun), adalah seorang ahli fisika teoretis. Ia adalah seorang profesor Lucasian dalam bidang matematika di Universitas Cambridge dan anggota dari Gonville and Caius College, Cambridge. Ia dikenal akan sumbangannya di bidang fisika kuantum, terutama karena teori-teorinya mengenai teori kosmologi, gravitasi kuantum, lubang hitam, dan radiasi Hawking. Salah satu tulisannya adalah A Brief History of Time, yang tercantum dalam daftar bestseller di Sunday Times London selama 237 minggu berturut-turut.Pada tahun 2010 Hawking bersama Leonard Mladinow menyusun buku The Grand Design.
              Meskipun mengalami tetraplegia (kelumpuhan) karena sklerosis lateral amiotrofik, karier ilmiahnya terus berlanjut selama lebih dari empat puluh tahun. Buku-buku dan penampilan publiknya menjadikan ia sebagai seorang selebritis akademik dan teoretikus fisika yang termasyhur di dunia.

Latar Belakang Kehidupan Stephen Hawking

        Stephen Hawking lahir pada 8 Januari 1942 dari pasangan Dr. Frank Hawking, seorang biolog, dan Isobel Hawking. Ia memiliki dua saudara kandung, yaitu Philippa dan Mary, dan saudara adopsi, Edward. Orang tua Hawking tinggal di North London dan pindah ke Oxford ketika ibu Hawking sedang mengandung dirinya untuk mencari tempat yang lebih aman. (London saat itu berada di bawah serangan Luftwaffe Jerman).

               Setelah Hawking lahir, keluarga mereka kembali ke London. Ayahnya lalu mengepalai divisi parasitologi di National Institute for Medical Research. Pada tahun 1950, Hawking dan keluarganya pindah ke St Albans, Hertfordshire. Di sana ia bersekolah di St Albans High School for Girls dari tahun 1950 hingga 1953 (pada masa itu, laki-laki dapat masuk ke sekolah perempuan hingga usia sepuluh tahun).  Dari usia sebelas tahun, Hawking bersekolah di St Albans School.
            Hawking selalu tertarik pada ilmu pengetahuan. Ia terinspirasi dari guru matematikanya yang bernama Dikran Tahta untuk mempelajari matematika di universitas. Ayahnya ingin agar Hawking masuk ke University College, Oxford, tempat ayahnya dulu bersekolah. Hawking lalu mempelajari ilmu pengetahuan alam. Ia mendapat beasiswa, dan lalu berspesialisasi dalam fisika.
          Setelah menerima gelar B.A. di Oxford pada 1962, ia tetap tinggal untuk mempelajari astronomi. Ia memilih pergi ketika mengetahui bahwa mempelajari bintik matahari tidak sesuai untuknya dan Hawking lebih tertarik pada teori daripada observasi. Hawking lalu masuk ke Trinity Hall, Cambridge. Ia mempelajari astronomi teoretis dan kosmologi.
    Segera setelah tiba di Cambridge, gejala sklerosis lateral amiotrofik (ALS) yang akan membuatnya kehilangan hampir seluruh kendali neuromuskularnya mulai muncul. Pada tahun 1974, ia tidak mampu makan atau bangun tidur sendiri. Suaranya menjadi tidak jelas sehingga hanya dapat dimengerti oleh orang yang mengenalnya dengan baik. Pada tahun 1985, ia terkena penyakit pneumonia dan harus dilakukan trakeostomi sehingga ia tidak dapat berbicara sama sekali. Seorang ilmuwan Cambridge membuat alat yang memperbolehkan Hawking menulis apa yang ingin ia katakan pada sebuah komputer, lalu akan dilafalkan melalui sebuah voice synthesizer'.

Ledakan Besar Atom Membentuk Alam Raya
        Hawking menikah dengan Jane Wilde, seorang murid bahasa, pada tahun 1965. Jane Hawking mengurusnya hingga perceraian mereka pada tahun 1991. Mereka bercerai karena tekanan ketenaran dan meningkatnya kecacatan Hawking. Mereka telah dikaruniai tiga anak: Robert (lahir 1967), Lucy (lahir 1969), dan Timothy (lahir 1979). Hawking lalu menikahi perawatnya, Elaine Mason (sebelumnya menikah dengan David Mason, perancang komputer bicara Hawking), pada tahun 1995. Pada Oktober 2006, Hawking meminta bercerai dari istri keduanya.
    Ketika ditanyakan mengenai IQnya pada tahun 2004, Hawking menjawab, "Saya tidak tahu. Orang yang membanggakan IQnya adalah seorang pecundang."   
Galaxy Bima Sakti
Karir Stephen Hawking Tahun 1966-1975
    Tahun pertama pernikahan yang sibuk: Jane tinggal di London selama seminggu saat ia menyelesaikan gelarnya dan mereka melakukan perjalanan ke Amerika Serikat beberapa kali untuk konferensi dan kunjungan fisika terkait. Jane memulai sebuah program Ph.D, dan seorang putra, Robert, lahir pada Mei 1967. Dalam karyanya, dan bekerja sama dengan Penrose, Hawking memperpanjang konsep teorema singularitas pertama dieksplorasi dalam tesis doktornya. Ini termasuk tidak hanya keberadaan singularitas tetapi juga teori bahwa alam semesta mungkin telah dimulai sebagai singularitas. Esai bersama mereka adalah runner-up di kompetisi Gravity Yayasan Penelitian 1968.
    Pada tahun 1970 mereka menerbitkan bukti bahwa jika alam semesta mematuhi teori relativitas umum dan cocok salah satu model kosmologi fisik yang dikembangkan oleh Alexander Friedmann, maka harus dimulai sebagai singularitas. Selama akhir 1960-an, kemampuan fisik Hawking menurun sekali lagi: ia mulai menggunakan kruk dan berhenti mengajar secara teratur. Saat ia perlahan-lahan kehilangan kemampuan untuk menulis, ia mengembangkan metode visual kompensasi, termasuk melihat persamaan dalam hal geometri.
        Seorang anak perempuan, Lucy, lahir pada tahun 1970. Segera setelah Hawking menemukan apa yang dikenal sebagai hukum kedua dinamika lubang hitam, bahwa cakrawala peristiwa lubang hitam tidak pernah bisa lebih kecil. Dengan James M. Bardeen dan Brandon Carter, ia mengusulkan empat hukum mekanika lubang hitam, menggambar sebuah analogi    dengan    termodinamika.
    Pada awal 1970-an, karya Hawking dengan Carter, Werner Israel dan David C. Robinson sangat mendukung no-hair theorem Wheeler bahwa tidak peduli apa bahan asli dari lubang hitam terbentuk bisa sepenuhnya dijelaskan oleh sifat massa, muatan listrik dan rotasi. esai yang berjudul "Black Holes" memenangkan Gravity Yayasan Research Award pada bulan Januari 1971. Hawking buku pertama The Large Struktur Skala Space-Time ditulis dengan George Ellis diterbitkan    pada tahun 1973.
    Dimulai pada tahun 1973, Hawking pindah ke studi gravitasi kuantum dan mekanika kuantum. Karyanya di daerah ini didorong oleh kunjungan ke Moskow dan diskusi dengan Yakov Borisovich Zel'dovich dan Alexander Starobinsky, yang karyanya menunjukkan bahwa sesuai dengan prinsip ketidakpastian berputar lubang hitam memancarkan partikel. Hawking menyampaikan pada tahun 1974, menunjukkan bahwa lubang hitam memancarkan radiasi, yang sekarang dikenal sebagai radiasi Hawking, yang mungkin berlanjut sampai mereka menguras energi mereka dan menguap. Awalnya, radiasi Hawking adalah kontroversial. Namun pada 1970-an dan setelah publikasi penelitian lebih lanjut, penemuan itu secara luas diterima sebagai terobosan signifikan dalam teori fisika. Pada Maret 1974, beberapa minggu setelah pengumuman radiasi Hawking, Hawking. diinvestasikan sebagai Fellow dari Royal Society, salah satu ilmuwan termuda yang begitu dihormati.
        Ketika pada tahun 1974 Hawking diangkat ke Sherman Fairchild Distinguished Scholar mengunjungi guru besar di California Institute of Technology (Caltech), Jane mengusulkan bahwa mahasiswa pascasarjana atau post-doktoral tinggal bersama mereka dan membantu perawatan nya.
   
Tahun 1975-1990
        Pada tahun 1975 ia dianugerahi  the Eddington Medal and the Pius XI Gold Medal, and pada tahun 1976 the Dannie Heineman Prize, the Maxwell Prize and the Hughes Medal. Hawking diangkat seorang profesor dengan kursi dalam fisika gravitasi pada tahun 1977. Tahun berikutnya ia menerima Albert Einstein Medal dan gelar doktor kehormatan    dari Universitas Oxford. Keluarga Hawking menyambut anak ketiga, Timotius, pada bulan April 1979. Itu musim gugur Hawking diangkat Profesor Lucasian Matematika di Universitas Cambridge.
Angel Eye Galaxy
  Pada tahun 1981 ia mengusulkan bahwa informasi dalam lubang hitam irretrievably hilang ketika sebuah lubang hitam menguap. Informasi ini paradoks melanggar prinsip dasar mekanika kuantum, dan mengarah pada tahun perdebatan, termasuk "Black Hole Perang" dengan Leonard Susskind dan Gerand’t Hooft.   
    Pada bulan Desember tahun 1977, Jane bertemu organ Jonathan Hellyer Jones ketika bernyanyi dalam paduan suara gereja. Hellyer Jones menjadi dekat dengan keluarga Hawking, dan pada pertengahan 1980-an, ia dan Jane telah mengembangkan perasaan romantis satu sama lain.
    Setelah sebuah konferensi di Moskow pada bulan Oktober 1981, Hawking dan Gary Gibbons menyelenggarakan Lokakarya tiga minggu Nuffield pada musim panas 1982 tentang The Very Early Universe di Cambridge University, yang difokuskan terutama pada teori inflasi. Pada tahun 1981 di sebuah konferensi Vatikan ia menyampaikan bahwa mungkin ada ada batas-atau awal atau akhir-ke alam semesta. Ia kemudian mengembangkan penelitian bekerja sama dengan Jim Hartle, dan pada tahun 1983 mereka menerbitkan model, dikenal sebagai Hartle-Hawking State. Ini mengusulkan bahwa sebelum zaman Planck, alam semesta tidak memiliki batas dalam ruang-waktu,. Sebelum Big Bang, waktu itu tidak ada dan konsep awal alam semesta tidak berarti.
    Buku “A Brief History of Time” diterbitkan pada bulan April 1988 di Amerika Serikat dan pada bulan Juni di Inggris, dan terbukti sukses luar biasa, naik cepat ke puncak buku terlaris daftar di kedua negara dan tinggal di sana selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan. Buku itu diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, dan akhirnya menjual sekitar 9 juta kopi. Perhatian media yang intens, dan majalah Newsweek penutup dan televisi khusus baik menggambarkan dia sebagai "Master of the Universe".
    Ia menerima pengakuan lebih lanjut akademik, termasuk lima gelar kehormatan. Medali Emas dari Royal Astronomical Society (1985), Paul Dirac Medal (1987) dan, bersama-sama dengan Penrose, Wolf Prize bergengsi (1988). Pada tahun 1989, ia diangkat menjadi Sahabat Kehormatan oleh Ratu Elizabeth II.
Pada akhir 1980-an Hawking telah dekat dengan salah satu perawatnya, Elaine Mason, dengan cemas dari beberapa rekan-rekan, pengasuh dan anggota keluarga. Hawking mengatakan kepada Jane bahwa ia meninggalkan dia untuk Mason, dan berangkat ke rumah keluarga pada bulan Februari 1990. Setelah perceraiannya dengan Jane pada musim semi tahun 1995, Hawking menikah Mason pada bulan September.
    Hawking mengejar karyanya dalam fisika: pada tahun 1993 ia mengedit sebuah buku tentang Euclidean gravitasi kuantum dengan Gary Gibbons, dan menerbitkan edisi dikumpulkan dari artikel sendiri tentang lubang hitam dan Big Bang.
Galaxy tampak samping
Pada tahun 1994 di Cambridge Newton Institute,. Hawking dan Penrose menyampaikan serangkaian enam kuliah, yang diterbitkan pada tahun 1996 sebagai "Sifat Ruang dan Waktu". Pada tahun 1992 premier versi film "A Brief History of Time"-disutradarai oleh Errol Morris dan diproduksi oleh Steven Spielberg.
    Pada pesta rilis untuk rumah versi video dari "A Brief History of Time", Leonard Nimoy, yang telah memainkan Spock di Star Trek, belajar bahwa Hawking tertarik tampil di acara itu. Nimoy membuat kontak yang diperlukan dan Hawking muncul sebagai dirinya sendiri pada Star Trek: The Next Generation pada tahun 1993. Pada tahun yang sama, suara synthesizer tercatat untuk Floyd lagu Pink "Keep Talking", dan pada tahun 1999    untuk    penampilannya    di    The    Simpsons.
    Pada 1990-an, Hawking diterima lebih terbuka sebagai panutan bagi penyandang cacat, termasuk berceramah tentang subjek dan berpartisipasi dalam kegiatan penggalangan dana. Pada pergantian abad, ia dan sebelas tokoh-tokoh lainnya menandatangani  "Charter for the Third Millenium on Disability" yang meminta pemerintah untuk mencegah kecacatan    dan melindungi hak-hak penyandang cacat.
        Pada tahun 1999 Hawking dianugerahi Julius Edgar Lilienfeld Hadiah dari American Physical Society. Pada tahun yang sama, Jane Hawking menerbitkan sebuah memoir, Musik untuk Pindahkan Bintang, menggambarkan    pernikahannya    dengan    Hawking    dan    rusaknya.perkawinan mereka.

Tahun 2000-sekarang
    Hawking meyakini bahwa kehidupan ekstraterestrial memang ada, dan ia menggunakan basis matematis untuk asumsinya. "Menurut otak matematisku, angka menunjukan bahwa keberadaan alien sangatlah rasional. Tantangan terbesar adalah memperkirakan seperti apakah alien itu." Ia meyakini bahwa alien tidak hanya ada di planet-planet, tetapi mungkin juga di tempat lain, seperti bintang atau mengapung di angkasa luas. Hawking juga memperingati bahwa beberapa spesies alien mungkin memiliki peradaban yang maju dan dapat mengancam Bumi. Hubungan dengan spesies seperti itu dapat membahayakan seluruh umat manusia. Ia mengatakan, "Jika alien mengunjungi kita, hasilnya akan sama seperti ketika Columbus mendarat di Amerika, yang tidak berakhir baik bagi penduduk asli Amerika". Hawking juga menyarankan, daripada mencoba menghubungi alien, sebaiknya kita menghindari hubungan dengan mereka.

Penghargaan
     1975 Eddington Medal
     1976 Hughes Medal of the Royal Society
     1979 Albert Einstein Medal
     1981 Franklin Medal
     1982 Order of the British Empire
     1985 Gold Medal of the Royal Astronomical Society
     1986 Anggota Pontifical Academy of Sciences
     1988 Wolf Prize dalam bidang fisika
     1989 Prince of Asturias Awards in Concord
     1989 Companion of Honour
     1999 Julius Edgar Lilienfeld Prize of the American Physical Society
     2003 Michelson Morley Award of Case Western Reserve University
     2006 Copley Medal of the Royal Society
     2008 Fonseca Price of the University of Santiago de Compostela
     2009 Presidential Medal of Freedom




You have read this article Misteri with the title Stephen Hawking dan Teori Big Bang. You can bookmark this page URL https://pesantren-budaya-nusantara.blogspot.com/2013/09/stephen-hawking-dan-teori-big-bang.html. Thanks!

No comment for "Stephen Hawking dan Teori Big Bang"

Post a Comment