Blog Pesantren Budaya Nusantara adalah sebuah inovasi pendidikan non formal berbasis Budaya Islam Nusantara di dunia maya yang memiliki tujuan memelihara, melestarikan, mengembangkan secara inovatif warisan budaya Nusantara yang adiluhung di tengah arus gelombang globalisasi yang akan menghapus identitas etnis, budaya, bahasa, agama, negara

Tomaaso Campanella dan Ideal Masyarakat Komunal

 Oleh: Dewi Nur Rohmania                
Tommaso Campanella OP (nama baptis: Giovanni Domenico Campanella) lahir di Stignano di daerah Stilo, Provinsi Reggio di Calabria salah satu daerah di selatan Italia, pada 5 September 1568 dan meninggal di Paris pada 21 Mei 1639. Dia adalah anak seorang tukang sepatu miskin dan buta huruf.  Campanella di kenal sebagai seorang filsuf, teolog, ahli astrologi, dan penulis sastra dari Italia. Dia disebut sebagai tokoh empirisme dan ilmu manusia.

          Pada usia empat belas tahun, ia memasuki Ordo Dominikan dan mengambil nama fra 'Tommaso untuk menghormati Thomas Aquinas. Pelatihan formal dalam bidang filsafat dan teologi di rumah Dominika. Dia belajar teologi dan filsafat dengan beberapa master. Awalnya, ia menjadi kecewa dengan Aristoteles ortodoksi dan tertarik oleh empirisme dari Bernardino Telesio (1509-1588), yang besar De Rerum Natura (setelah Lucretius, lihat atomisme ) sangat mempengaruhinya. Telesio mengajarkan bahwa pengetahuan adalah sensasi dan bahwa segala sesuatu di alam memiliki sensasi. Untuk buku-bukunya ditempatkan pada Indeks Buku Terlarang setelah kematiannya. Namun filosofi Telesio, filsuf berpengaruh di selatan Italia, menunjukkan jalan ke empirisme kepadanya. Campanella menulis karya pertamanya, philosophia sensibus demonstrata ("Filsafat ditunjukkan oleh indra"), diterbitkan pada tahun 1592, dalam membela Telesio.

              Pada tahun 1590 ia berada di Naples, di mana ia berkenalan dengan Giambattista della Porta. Seorang polymath yang merupakan pusat dari berbagai kelompok pemikir yang mencoba-coba dalam percobaan, sihir putih, dan astrologi. Campanella di sini terkena tidak hanya untuk eksperimen primitif, tetapi juga untuk astrologi. Pikirannya melayang begitu jauh dari ortodoksi Dominika. Di  Naples ia mulai pada astrologi ; spekulasi astrologi akan menjadi fitur konstan dalam tulisan-tulisannya.

            Dia meninggalkan Roma pada tahun 1592 dan kemudian pergi ke Florence dan Padua, di mana ia bertemu Galileo. Campanella yang berpandangan heterodoks, terutama oposisi kepada otoritas Aristoteles , membawanya ke dalam konflik dengan otoritas gerejawi. Mencela ke Inkuisisi dan dikutip oleh Kantor Kudus di Roma, Campanella ditangkap pada awal 1594 dan pada bulan Oktober dipindahkan ke penjara Inkuisisi di Roma. Pada akhir 1597 ia dibebaskan.

              Setelah pembebasan itu, Campanella kembali ke Calabria, di mana ia dituduh memimpin sebuah konspirasi melawan kekuasaan Spanyol  yang pada waktu itu memerintah Kerajaan Naples. Pada Agustus 1599 dua konspirator mengungkapkan plot ke raja muda Spanyol, yang mengirim pasukan bersenjata ke Calabria untuk menekannya. Campanella dipenjarakan dan pada bulan November dipindahkan ke Naples dimana dia di siksa di rak, ia mencoba untuk memberontak. Ia disiksa lebih lanjut (total tujuh kali) hingga ia cacat dan sakit, kemudian dia dijatuhi hukuman mati. Dia berhasil menghindari hukuman mati dengan berpura-pura gila dan dihukum untuk penahanan yang panjang di berbagai benteng Neapolitan. Dia menghabiskan 27 tahun di penjara di Naples dan kemudian, dipenjara di Roma sampai 1629. Selama tahun-tahun masa penahanannya, ia mengabdikan diri untuk kegiatan sastra yang intens, menyusun karya-karyanya yang paling terkenal, yang bertujuan menghasilkan landasan baru untuk seluruh ensiklopedia pengetahuan seperti Monarki Spanyol (1600), Kata Mutiara Politik (1601), Atheismus triumphatus ( Ateisme Menaklukkan , 1605-1607), memenjarakan reminiscetur (1606), Metaphysica (1609-1623), Teologia (1613-1624), dan karyanya yang paling terkenal, City of The Sun (aslinya ditulis dalam bahasa Italia pada tahun 1602; diterbitkan dalam bahasa Latin di Frankfurt (1623) dan kemudian di Paris (1638)). Pada 1612 ia dikunjungi oleh Tobias Adami, seorang pria Jerman dari Saxony untuk mempublikasikan beberapa tulisannya Campanella yang paling penting di Frankfurt 1617-1623.

               Setelah hampir 27 tahun di penjara, Campanella dirilis dari Castel Nuovo pada 1626 dan tiba di Roma. Pada Oktober 1634 ia dipaksa pergi ke pengasingan di Perancis, berikut kecurigaan Spanyol baru tentang dia. Setelah tinggal di Roma selama lima tahun, di mana dia menyarankan Paus Urbanus VIII pada hal-hal astrologi. Dengan bantuan Kardinal Barberini dan Duta Besar Perancis de Noailles, ia melarikan diri ke Prancis pada tahun 1634 di mana ia anggun diterima di istana Louis XIII. Ia menjalani hidupnya dengan damai di bawah perlindungan Kardinal Richelieu dan didanai oleh Raja, ia menghabiskan sisa hari-harinya di biara Saint-Honore di Paris. Dia menulis karya politik baru dan mengatur untuk mencetak volume pertama dari Opera omnia nya. Karya terakhirnya adalah sebuah puisi merayakan kelahiran Louis XIV masa depan (Eclogue di portentosam Delphini nativitatem).

            Dia bahkan campur tangan dalam percobaan pertama melawan Galileo Galilei dengan berani. Pertahanan, The Galileo (ditulis pada 1616, yang diterbitkan pada 1622). Ironisnya, Galileo sendiri mungkin tidak akan ingin bantuan Campanella karena yang kadang ide-ide aneh Campanella dan keyakinan sebelumnya bid'ah

•Pemikiran Tommaso Campanella

        Pemikiran Campanella dimulai, di usia muda, ia menarik kesimpulan Bernardino Telesio, ia terkait dengan Telesio naturalism yang berpendapat bahwa alam diketahui memiliki tiga prinsip-prinsip sendiri, yaitu panas, dingin dan materi. Karena semua makhluk terdiri dari tiga unsur, maka semua adalah makhluk alam dengan sensitivitas, karena struktur jenis umum untuk semua entitas, jadi sementara Telesio mengatakan bahwa batu bisa tahu, campanella pun memberikan naturalisme dan berpendapat bahwa bahkan batu tahu, karena di bebatuan kita menemukan tiga prinsip, yaitu panas, dingin dan massa tubuh (materi).

          Campanella naturalisme, sebagai hasil dari ini, pada dasarnya melibatkan epistemologi sensasional, ia berpendapat bahwa semua pengetahuan hanya mungkin karena cara-cara langsung atau tidak langsung, dan bahwa Christopher Columbus telah mampu menemukan Amerika karena dibangun kembali oleh perasaan, tentu bukan alasan. Alasan ini berasal dari perasaan: tidak ada pengetahuan rasional intelektual yang tidak berasal dari psikis. Namun Campanella tidak seperti Telesio, dia berusaha untuk mengevaluasi kembali dan menegaskan adanya dua jenis pengetahuan: suatu bawaan semacam batin, dan pengetahuan eksternal, yang menggunaan indra. Yang pertama disebut 'Sensus additus', yang merupakan pengetahuan diri dan yang kedua 'Sensus abitus', yang merupakan pengetahuan tentang dunia luar. Pengetahuan tentang dunia luar milik semua orang, termasuk hewan. Pengetahuan diri bagaimanapun hanya milik manusia, dan adalah kesadaran menjadi seorang yang berpikir. Campanella kembali ke Agustinus dari Hippo, menyatakan bahwa kita dapat meragukan pengetahuan tentang dunia luar, sementara kita tidak dapat meragukan pengetahuan diri. 'Sensus additus' ini akan menjadi titik penting dari filosofi Cartesian, yang didasarkan pada 'cogito': Aku berpikir maka aku ada (cogito ergo sum).

           Menurut Campanella, tiga prinsip, materi, panas dan dingin yang terdiri dari alam, adalah hasil penciptaan ilahi. Tuhan ini  bagaimanapun, tidak seperti tuhannya Telesio yang tidak tertarik di dunia, ini terjadi terus menerus di dunia, melalui tiga primality yaitu Kekuatan, Kebijaksanaan dan Cinta. Berbeda dengan tiga primality yang kita sebut 'kekuasaan negatif' yang dapat dikombinasikan dalam berbagai cara dalam primality dari berbagai bentuk sihir yang mengatur segala sesuatu di dunia. Keajaiban ini diwujudkan melalui perasaan, yang dapat positif atau negatif: bahwa manusia merasakan sensasi, dan bahwa mereka memahami untuk menjadi bagian dari tatanan universal, tetapi meskipun menjadi bagian dari pesanan ini, mungkin objek untuk memesan ini , dan jika bertentangan dengan sihir universal akan menjadi buruk, tetapi jika menyatu, atau mencoba untuk mengikuti tatanan universal, maka akan menjadi mantra positif. Berdasarkan ini, Campanella fokus pada agama, yang dibagi menjadi dua jenis yaitu agama alam, dan agama positif. Agama alamiah adalah agama yang menghormati tatanan universal dari alam semesta itu sendiri sedangkan agama positif adalah agama yang dipaksakan oleh negara. Namun Campanella dikutuk karena di anggap mengajarkan ajaran sesat, ia berpendapat bahwa agama Kristen adalah agama positif, seperti yang dipaksakan oleh negara, tetapi pada saat yang sama bertepatan dengan tatanan alam. Namun, bahkan ini teori agama rasional kontras dengan dogma-dogma Gereja Counter tersebut. Dia berargumen,  keunggulan kekuasaan temporal spiritual, kemudian mengidentifikasi kekuasaan tertinggi, dari waktu ke waktu, di Spanyol dan kemudian di Prancis, menurut kenyamanan politik dan pribadi.

            Campanella juga penulis dari sebuah karya penting dari utopis, atau The Sun City di Sun City, ia menggambarkan sebuah kota yang ideal, utopis, diatur oleh Metafisika, wajah imam-raja untuk menyembah Dewa Matahari, meskipun secara rasional dengan asumsi bahwa hal itu bertepatan dengan agama Kristen. Imam-raja ini menggunakan tiga asisten primality metafisika campanella: Kekuasaan, Kebijaksanaan dan Cinta. Dalam menguraikan pandangannya tentang masyarakat kolektivis, Campanella kembali ke Plato (abad kelima SM.) Dan Utopia dari Thomas More (1517), antara anteseden Campanella utopianisme juga hitungan Bacon New Atlantis. Utopianisme diasumsikan bahwa, karena Anda tidak bisa membangun sebuah model negara yang mencerminkan keadilan dan kesetaraan, maka negara ini diasumsikan, seperti yang dilakukan Plato di zamannya, tetapi penting untuk menekankan bahwa, sementara Campanella utopia adalah realitas, mengagungkan Machiavelli atau realitas yang sebenarnya, dan konsepsinya tentang Negara tidak utopis, tetapi mengambil pada metode konkret urusan pemerintah. Makna dan arti politik dari pemikiran dari T. Campanella melarikan diri setiap klise dan interpretasi historis di mana ia diturunkan sampai sekarang. Riamangono masih banyak aspek penyelidikan terbuka intelektual, sangat mengartikulasikan dan pada aspek kali bertentangan, untuk mengkonfigurasi ulang multiplisitas kompleks, jauh dari sektarianisme idealis dari kendala dari tinjauan Katolik ganda teokratis, dengan visi anti-sejarah sekuler sebagai 'sempit Marxis ideologi. Ketidakpastian ini sudah jelas dalam penafsiran idealisme kritis, bahwa dalam batas-batas pemahaman masih belum lengkap, dalam pikiran Campanella membutuhkan orientasi yang kuat terhadap imanensi modern, bagaimanapun, terkontaminasi oleh residu dari masa lalu dan tradisi Kristen dan Abad Pertengahan . Untuk Silvio Spaventa Campanella adalah "filsuf pemulihan Katolik", sebagai proposisi yang sama bahwa aturan dunia, menjadi tidak efektif oleh keyakinan bahwa hanya dalam kepausan. Tidak berbeda dengan membaca Francesco De Sanctis: "Gambar sudah tua, tetapi roh adalah baru. Alasan mengatur dunia " tidak luput dari kontaminasi yang mengarah kembali ke Plato dan Thomas More, dan mungkin menyarankan sosialisme ilmiah masa depan dari Karl Marx.

•Konspirasi Calabria dan Dasar Pembuatan “The City of Sun”

     Setelah diserahkan ke sebuah pemeriksaan di Naples atas advokasi tentang filsafat Telesian pada tahun 1592, Campanella pergi untuk pertama kalinya ke Roma, kemudian ke Florence dan Padua, di mana, pada awal 1594, ia dikecam dan ditahan karena bidah. Pada bulan Oktober ia dipindahkan ke sebuah penjara Inkuisisi Romawi, di mana "sesat" Florence Francesco Pucci dan Giordano Bruno filsuf dipenjara. Dalam sebuah soneta berjudul "Al carcere" ("Untuk Penjara"), Campanella tidak bisa  merefleksikan kenyataan bahwa roh-roh bebas yang meninggalkan perairan stagnan budaya tradisional untuk berani melemparkan diri ke dalam "lautan kebenaran", menemukan diri mereka tertutup, seolah-olah dengan nasib tragis dan fatal, di istana suram Inkuisisi, bahwa ia membandingkan ke gua Polyphemus, labirin Kreta dan istana Atlas (Poesie, 1998, h. 254). Dituduh mendukung doktrin atomist dan ateis, ia dikutuk pada tahun 1595 "atas dugaan kuburan bid'ah" dan dipaksa untuk membuat abjuration publik formal. Pada akhir 1597 atasan Orde Dominika memerintahkan dia untuk kembali ke Calabria.

         Hampir tiga puluh tahun dan setelah sepuluh tahun absen, Campanella kembali ke Stilo pada 15 Agustus 1598. Tahun berikutnya dia terlibat dalam peristiwa paling dramatis dalam hidupnya. Ia menjadi yakin dengan membaca tentang teks astrologi dan nabi yang mengumumkan perubahan besar, dengan munculnya tanda-tanda surgawi abnormal dan peristiwa alam dan, di atas semua, dengan kondisi menyedihkan dan tidak adil dari populasi dan oleh gangguan sosial dan politik serius yang akhirnya abad itu akan membawa masa pergolakan besar. Sebuah konspirasi besar, yang ia tidak bisa disangkal pemimpin spiritual, diselenggarakan dengan tujuan untuk mengubah provinsi itu menjadi republik dan mengeluarkannya dari pemerintahan tirani raja Spanyol. Plot tidak pernah berlangsung karena pada 10 Agustus 1599 terungkap kepada pihak berwenang Spanyol oleh dua konspirator.

              Setelah hiruk pikuk upaya untuk melarikan diri, Campanella ditangkap. Pada bulan November empat kapal tiba di pelabuhan Naples membawa puluhan tahanan. Beberapa digantung, lainnya dipotong-potong di pelabuhan, mengingatkan bengis kepada orang banyak yang, penuh rasa ingin tahu dan horor, datang untuk melihat pemandangan yang mengerikan.

            Dalam membela diri, Campanella tegas membantah tuduhan pemberontakan, dia mempertahankan bahwa dia tidak bertindak keluar dari ambisi pribadi atau kejahatan terhadap raja melainkan telah mengikuti nubuat manusia dan Ilahi. Tabel astrologi telah meramalkan sebuah suksesi yang tidak biasa dari gerhana di tahun-tahun pertama abad yang baru. Menurut ramalan terkenal, De eversione Europae, attribuited Arquatus Antonius, yang telah menubuatkan peristiwa seperti kedatangan Luther dan Sack Roma, Turki, setelah periode pendakian terus menerus, pada saat sultan kelima belas mereka akan dibagi antara kedua anak mereka berdaulat-sama seperti bulan, lambang mereka, di tengah-tengah nya saja mulai untuk membagi menjadi dua tanduk-salah satunya akan menjadi penganut agama Kristen, sementara yang lain akan dikalahkan oleh raja Spanyol. Baru-baru ini, nubuat Abbas Ubertino dari Otranto telah pulih dan diperkirakan ajaib perubahan politik yang besar, penobatan seorang raja baru di Perancis dan awal usia keenam Gereja.

Tahun 1600, apalagi, tampaknya menjadi saat penting, sebuah "besar titik balik" dalam waktu, dalam bahwa itu terdiri dari seratus kali tujuh dan sembilan, yang keduanya nomor yang fatal menurut Pythagoras dan Plato.

Campanella berusaha untuk membenarkan dan berinisiatif sendiri dengan menempatkannya dalam konteks kenabian, sehingga tidak akan dianggap sebagai tindakan pemberontakan, yang akan memerlukan hukuman mati. Meskipun demikian, hanya dengan beralih ke taktik pintar yang ia berhasil menghindari hukuman mati. Hukuman mati tidak dapat dijatuhkan pada orang-orang gila karena dianggap, karena mereka tidak dalam posisi untuk bertobat, para hakim akan bertanggung jawab atas penghukuman kekal jiwa mereka. Melekat ini mengecam yudisial, Campanella berpura-pura selama berbulan-bulan untuk keluar dari pikirannya.      Kondisinya, pada akhirnya, dikonfirmasi dengan cara bentuk penyiksaan yang mengerikan, yang disebut "berjaga" karena, di samping tubuh penderitaan yang ditimbulkan, korban juga mengalami kurang tidur berkepanjangan. Dia akan mengacu pada momen yang mengerikan dalam hidupnya sebagai bukti kebebasan kehendak manusia, yang tidak dapat membungkuk bahkan oleh tekanan fisik yang paling ekstrem. Meskipun kecewa dan sakit hati dengan hasil bencana dari rencana mulia Calabria nya, Campanella mempertanyakan dirinya sendiri tentang alasan untuk kegagalan ini, merenungkan peran nabi yang, sebagai pembawa pesan tidak nyaman dan tidak menyenangkan bagi mereka yang berkuasa, tidak bisa menghindari dianiaya dan dihukum mati. Setelah mencapai kebaikan tertinggi mempertahankan hidupnya, ia menulis karyanya yang paling terkenal, The City of Sun, dalam bentuk "dialog puitis" antara seorang pelaut Genoa yang menemani pada pelayaran Columbus ke Amerika dan Hospitaller Knight. Ini pertama kali muncul dalam terjemahan bahasa Latin sebagai lampiran untuk Politika-nya, yang diterbitkan di Frankfurt pada tahun 1623. Tujuannya adalah untuk menggambarkan model ideal masyarakat yang berbeda dengan kekerasan, kekacauan dan irasionalitas dari dunia nyata, berada dalam harmoni dengan alam, dipahami sebagai ekspresi dari intrinsik "seni" dan kebijaksanaan Allah. Dia, pada kenyataannya, yakin bahwa masyarakat masa kini adalah sebuah labirin ketidakadilan dan ketidakbahagiaan justru karena menyimpang dari model alami. Semakin kota merupakan "tubuh politik," yang bahagia itu akan, dengan bagian-bagian individu yang terintegrasi sehingga membentuk organisme kesatuan dan berbagai anggota tubuh, diversifikasi menurut fungsi, seluruhnya terkoordinasi untuk melayani kesejahteraan komunal.

             Dilindungi dan dipertahankan oleh tujuh lingkaran dinding, terbuat dari istana yang berfungsi sebagai tempat tinggal bagi warga, kota ini terletak di tempat dengan iklim yang ideal, kondusif untuk kesehatan fisik, dan di lereng bukit karena udara di sana lebih ringan dan lebih murni. Salah satu aspek yang paling signifikan dari komunitas ini adalah pembagian kerja. Sekali lagi Campanella terlibat dalam polemik eksplisit dengan Aristoteles, yang telah dikeluarkan pengrajin, petani dan mereka yang terlibat dalam kerja manual dari kategori kewarganegaraan penuh dan dari tingkat tertinggi kebajikan. Di Kota Matahari pendudukan tidak ada keji atau dasar, dan semua adalah dari martabat yang sama-pada kenyataannya, para pekerja yang diperlukan untuk mengeluarkan usaha yang lebih besar, seperti perajin dan pembangun, menerima lebih banyak pujian. Setiap orang harus berkenalan dengan semua lini pekerjaan, dan kemudian setiap orang mempraktikkan satu untuk yang ia menunjukkan bakat terbesar. Mereka tidak memiliki pelayan, dan tidak ada layanan dianggap sebagai tidak layak. Satu-satunya hal yang mereka anggap sebagai tercela adalah kemalasan, dan dengan cara ini mereka datang ke hak istimewa martabat kerja dan untuk membatalkan suatu konsepsi absurd bangsawan, terkait dengan tidak aktif dan sebaliknya. Berkat pembagian kerja yang sama, itu sudah cukup untuk setiap orang untuk menghabiskan hanya empat jam hari kerja, tetapi adalah penting bahwa mereka bekerja semua, karena kemalasan satu akan berakibat pada keuntungan dan upaya yang lain. Warga negara memiliki apa-apa, melainkan, semuanya dimiliki bersama, dari makanan ke rumah, dari akuisisi pengetahuan untuk pelaksanaan kegiatan, dari penghargaan untuk hiburan, dari perempuan untuk anak-anak. Ada "pejabat" yang bertanggung jawab atas distribusi dari setiap hal, yang mengawasi keluar dan pastikan bahwa hal ini terjadi adil, tapi tidak ada yang bisa apa-apa yang sesuai untuk dirinya sendiri. Menurut mereka, memiliki rumah atau keluarga memperkuat "cinta-diri", dengan segala konsekuensi yang mengerikan ini menghasilkan. Mereka hidup "seperti filsuf yang sama" karena mereka menyadari dampak negatif, tidak hanya pada sosial, tetapi juga pada tingkat moral, dari suatu distribusi barang yang tidak merata.

               Salah satu aspek yang paling spektakuler dan imajinatif Kota Matahari, yang segera menyerang pembacanya, adalah cat di dinding kota. Selain melampirkan dan melindungi kota, dinding juga tirai teater luar biasa dan halaman diilustrasikan sebuah ensiklopedia pengetahuan. Dinding istana dicat dengan gambar-gambar dari semua seni dan ilmu. Dimulai dengan dinding yang memegang kolom candi dan secara bertahap menurun dalam lingkaran besar, mengikuti urutan planet-planet dari Merkurius sampai Saturnus, kita menemukan ilustrasi langit dan bintang-bintang, dari tokoh-tokoh matematika, setiap negara di bumi dan dari semua keajaiban dan rahasia dunia mineral, tumbuhan dan hewan, sampai kita tiba di manusia: di dinding internal lingkaran keenam seni mekanik dan penemu mereka diwakili. Campanella sangat tertarik pada semua penemuan cerdik, dan di Kota Matahari ia memberikan banyak contoh penemuan penasaran, seperti pembuluh dapat menavigasi tanpa angin dan tanpa layar, dan sanggurdi yang memungkinkan untuk membimbing kuda hanya menggunakan satu kaki , dan meninggalkan tangan seseorang bebas. Pada dinding luar legislator digambarkan, dan di sini, dalam "tempat kehormatan besar"-tapi bersama dengan Musa, Osiris, Musytari, Merkurius dan Muhammad-bahwa pelaut Genoa mengakui Kristus dan dua belas rasul. Pengetahuan tidak tertutup dalam buku-buku disimpan di tempat terpisah seperti perpustakaan tetapi secara terbuka ditunjukkan pada mata semua orang. Visualisasi dengan cara ini mempromosikan suatu bentuk lebih cepat, lebih mudah dan lebih efisien, dalam hal ini terhubung dengan seni memori, yang menggaris bawahi kekuatan emotif evokatif dan gambar. Dari anak-anak usia berjalan sekitar dalam teater pengetahuan, perjalanan benar tepat dipandu dan mengikuti, sehingga mereka belajar gembira, seolah-olah bermain game, tanpa usaha atau sakit.

                Selain komunitas barang dan cat dinding, fitur lain karakteristik Kota Matahari, salah satu yang lebih sulit dan membingungkan dan bahwa Campanella menggambarkan dirinya sebagai "keras dan berat", adalah komunitas para istri. Menggemakan ajaran Pythagoras Ocellus Lucanus, Campanella mengatakan bahwa mereka kagum bahwa manusia disibukkan oleh pengembangbiakan kuda dan anjing, sementara mengabaikan mereka sendiri. Tindakan generasi memerlukan tanggung jawab besar bagian dari orang tua, dan jika dilakukan dengan cara yang salah, dapat menimbulkan rantai panjang penderitaan. Selain itu, ada hubungan erat antara alam "kulit" seseorang atau karakter, yang dibawa sejak lahir dan tidak sesudahnya dimodifikasi, dan kebajikan moral, yang membutuhkan daerah yang cocok untuk mengambil akar dan makmur. Generasi karena itu harus menghormati norma-norma yang tepat dan tidak dipercayakan kepada kesempatan ataupun sentimen individu. Warga membedakan antara cinta dan seks. Kasih sayang antara pria dan wanita, didasarkan pada persahabatan dan menghormati lebih dari daya tarik seksual, dinyatakan dalam tindakan-tindakan yang jauh dari seksualitas, seperti pertukaran hadiah, percakapan dan menari. Generasi seksual, di sisi lain, harus mematuhi aturan ketat mengenai kualitas fisik dan moral dari orang tua dan pilihan waktu yang tepat untuk pembuahan, ditentukan oleh seorang peramal. Seperti serikat buruh bukanlah ekspresi dari sebuah hubungan pribadi, emosional atau penuh gairah, melainkan terhubung ke tanggung jawab sosial generasi dan mencintai bagi masyarakat kolektif.

              Kepercayaan agama dari warga masyarakat, meskipun mereka termasuk prinsip-prinsip dasar kekristenan seperti keabadian jiwa dan ilahi, membentuk agama alam yang membentuk semacam osmosis antara kota dan bintang-bintang. Candi ini terbuka dan tidak dikelilingi oleh dinding. Dalam salah satu puisinya Campanella janji: "Aku akan membuat langit sebuah kuil dan bintang-bintang mezbah" (Poesie, 1998, h. 327). Pada kubah kubah candi bintang-bintang yang digambarkan bersama dengan pengaruh mereka pada urusan duniawi. Altar, yang ditempatkan suatu surgawi dan terestrial dunia, adalah dalam bentuk matahari. Doa diarahkan ke langit. Tugas dari dua puluh empat imam, yang tinggal di sel yang terletak di bagian tertinggi dari candi, adalah untuk mengamati bintang-bintang dan, menggunakan instrumen astronomi, untuk memperhitungkan segala gerakan mereka. Ini adalah tugas mereka untuk menunjukkan kali paling menguntungkan untuk generasi dan untuk buruh pertanian, bertindak dalam cara ini sebagai perantara antara Allah dan manusia.

•Ringkasan Karya Campanella “The City of Sun”

       Uraian singkat tentang Kota: Terdapat bukit-bukit tinggi di Negara ini, di atas sebagian besar kota. kota ini berukuran kurang lebih dua mil persegi, dan tujuh mil dari lingkaran. Kota ini dibagi menjadi tujuh kelompok yang sangat besar, yang ditunjuk oleh tujuh planet, dan kami masuk dari satu kota ke kota yang lain melalui empat jalan dan empat-pintu, menyelaraskan empat penjuru dunia, jika ia ditangkap oleh grup pertama, maka ia akan memiliki lebih banyak tenaga kerja per detik. Tapi aku berpendapat, bahwa yang pertama dapat jauh lebih besar, tanggul, dan memiliki menara, dan parit artelleria luar.

            Para penguasa kota: Ada seorang Pangeran di antara mereka, dalam bahasa kita disebut Metafisika: ini semua dalam kepala spiritual dan temporal, dan semua toko-toko di dalamnya dihentikan. Sisi ini memiliki tiga Prinsip: Pon, Sin, Mor, atau yang berarti: Kekuasaan, Kebijaksanaan dan Cinta. Walikota yang mengurus perang, kedamaian, dan militer adalah orang yang tertinggi dalam perang, tapi tidak pada Matahari; prajurit, tentara, amunisi, dan pengepungan benteng. Kebijaksanaan mengurus semua ilmu pengetahuan, dokter serta hakim. Dan ada banyak ilmuan seperti peramal, para Rektor, tatabahasa, dokter, maupun pemerintah yang mengambil ilmu hanya dari sebuah buku dimana semua dasar ilmu untuk semua orang. Dan ilmu itu berguna dalam mengatur pendidikan, kedokteran, rempah-rempah, menanam buah-buahan, jagung, wirausaha dan hal lain-lain yang berhubungan dengan makanan dan pakaian dan telah banyak bermanfaat bagi guru. Para Metafisika mencakup semua aspect dan tokoh-tokoh tersebut, karena tanpa itu tidak ada yang bisa dilakukan.

              Komunisme dan Barang: Segala sesuatu di kota, yang bukan hanya makanan, tetapi juga  ilmu pengetahuan dan hiburan adalah suatu kehormatan dan komunikasi. Mereka mengatakan bahwa anak-anak serta istri mereka, lahir untuk mencintai diri mereka. Untuk menjadikannya jaya dan bermartabat, anak-anak atau ahli warisnya harus pergi. semua orang menjadi publik atau mangsa, mereka menjadi orang yang tidak takut apapun, kuat, tamak dan berbahaya. Tapi ketika mereka kehilangan harga diri mereka akan menjadi komunis.

           Pendidikan: Pendidikan termasuk dalam sebuah seni. Setelah tiga tahun anak-anak belajar bahasa dan alfabet di dinding, dan belajar empat buku tua kemudian mereka mempraktekkan limunya untuk menguatkan mereka, mereka selalu bertelanjang kaki dan berpenampilan kusut, tujuh tahun sejak lahir. Lalu pemimpin mereka mengenalkan senjata, lukisan, perhiasan, dan lain-lain.  Setelah tujuh tahun mereka akan mulai belajar  tentang ilmu pengetahuan alam, matematika, kedokteran dan ilmu-ilmu lainnya, dan akan ada perselisihan dan kompetisi antara mereka.

            Keadilan: Hukum-hukum hanya ada sangat sedikit, semuanya ditulis di atas selembar tembaga di pintu candi,  di mana kita menulis semua hakekat dari hal-hal dalam Singkatnya: apa itu Tuhan, apa itu malaikat, apa itu dunia, bintang, manusia, dan lain-lain dan setiap kebajikan. Dan para hakim akan memiliki kursi kehormatan, ketika mereka duduk, dan berkata: "Lihatlah, engkau yang berdosa, bacalah dengan demikian maka keyakinan atau rasa tidak tahu berterima kasih, kemalasan, dan ketidaktahuan”. kalimat adalah obat yang nyata, bukan hukuman.

          Agama: Imam Besar adalah Matahari, dan semua imam membersihkan hati nurani mereka. Sehingga mereka semua mengakui itu, dan mereka belajar tentang nasib dan dosa. Hal ini membuat mereka mengakui dosa mereka. kemudian mereka akan membuat pengorbanan kepada Allah dan berdoa, semua orang berkumpul di altar. Meminta mereka mengakui dosa masing-masing dan menjelaskan bahwa Allah tahu kesalahan-kesalahan yang mereka perbuat. Demi keamanan kota mereka melakukan pengorbanan. Sebuah pengorbanan berdarah, pengorbanan ini meminta orang-orang yang rela mengorbankan dirinya untuk kedamaian masyarakat sekitarnya. Imam meletakkan pengorbanannbya di meja, lalu diikat oleh tali, pada kubah yang memutar, lalu mengumandangkan doa kepada Allah agar menerima pengorbanan manusia ini (bukan binatang, seperti bangsa-bangsa lain). Lalu mereka berpuasa dan berdoa kepada Allah agar menerima pengorbanan mereka dan sebagainya. setelah dua puluh atau tiga puluh hari, murka Allah akan mereda kembali.

         Doa-doa: Doa-doa adalah penghubung empat sudut horizontal dunia, dan pada pagi pertama di sebelah timur, kemudian ke barat, kemudian ke Austria, kemudian ke utara, di malam hari balik lagi ke barat, kemudian timur, lalu ke utara , kemudian ke Austria.

            Matahari: Mereka menghormati matahari dan bintang-bintang sebagai makhluk hidup dari pada patung atau langit. Tidak ada yang wajib disembah selain Allah, mereka beribadah di bawah matahari, yang diajarkan sebagai wajah Allah, yang ringan dan panas dan segala sesuatu yang lain. Dan imam akan berdoa kepada Allah dalam altar dimana matahari, bintang  dan langit sebagai pusatnya, dan para malaikat akan mendengar doa mereka. Bintang-bintang, serta rumah tempat tinggal mereka, adalah suatu keindahan dari Tuhan lebih dari rakasa di langit dan matahari.

        Yakin akan adanya keabadian jiwa, yang disertai dengan roh-roh yang baik, Mereka sangat penasaran ingin tahu apakah ini kekal atau tidak. Mereka mempertanyakan apakah ada dunia lain di luar dunia ini.

Pemikiran original:

      Mereka mengakui bahwa ada banyak korupsi di dunia, dan bahwa laki-laki diatur oleh akal. Ada yang berpendapat bahwa usia dunia terjadi dalam urutan planet. Dan ini tampaknya usia Merkurius, sumur magnetik intravariano konjungsi dan anomali yang fatal memiliki kekuatan besar. Akhirnya mereka mengatakan siapa yang beragama Kristen akan bahagia dan percaya bahwa itu terjadi karena dosa Adam, dan percaya bahwa anak-anak adam menjalankan kejahatan terbesar.

Sumber: www.id.wikipedia.org/wiki/Tommaso_Campanella
You have read this article Sastra with the title Tomaaso Campanella dan Ideal Masyarakat Komunal. You can bookmark this page URL https://pesantren-budaya-nusantara.blogspot.com/2012/03/tomaaso-campanella-dan-ideal-masyarakat.html. Thanks!

No comment for "Tomaaso Campanella dan Ideal Masyarakat Komunal"

Post a Comment