Blog Pesantren Budaya Nusantara adalah sebuah inovasi pendidikan non formal berbasis Budaya Islam Nusantara di dunia maya yang memiliki tujuan memelihara, melestarikan, mengembangkan secara inovatif warisan budaya Nusantara yang adiluhung di tengah arus gelombang globalisasi yang akan menghapus identitas etnis, budaya, bahasa, agama, negara

Preview Film Sang Kyai - Biografi KH Hasyim Asy'ari


    Menonton preview film produksi Rapi Film berjudul Sang Kyai di Reading Room Jl.Kemang Timur, Jakarta, saya tidak bisa memberi comment lain kepada sutradaranya, Mas Rako, bahwa secara cinematografi film itu patut mendapat acungan jempol dan ucapan selamat. Meski dari aspek sejarah film yg menggambarkan sebagian biografi KH Hasyim Asy'ari itu butuh pembenahan -- terutama terkait Resolusi Jihad 22 Okober 1945, tawuran massal 26-27-28 Oktober 1945, 10 November 1945, terutama  jatuhnya pertahanan pasukan Sabilillah Singosari pd Juli 1947 yg tdk tercover-- tetaplah film itu menarik untuk  ditonton anak-anak muda bangsa khususnya anak-anak NU untuk memahami sejarah kehidupan guru bangsa yang pandangan-2, gagasan-2, ide-2, konsep-2, dan wawasannya tentang bangsa dan negara dilanjutkan sang cucu - KH Abdurrahman Wahid - Gus Dur.
   Didukung totalitas permainan aktris kampiun Christine Hakim yg memerankan tokoh Bu Nyai Hasyim Asy'ari, film itu mampu membuat sesak dada para penonton. Pak Zawawi Imron, yg menonton di sebelah Zastrouw al-Ngatawi mengaku beberapa kali menitikkan airmata, hanyut oleh alur cerita dan kuatya permainan akting Christine Hakim. Saya yakin, andaikata yg memerankan tokoh KH Hasyim Asy'ari adalah aktor Slamet Raharjo atau aktor asing seperti Dustin Hoffman, pasti Pak Zawawi akan terus-menerus menitikkan airmata sejak awal sampai akhir film.


  Meski raw material film itu mengalami proses editing sangat singkat karena sudah harus beredar bulan Mei, saya berharap kritik dan masukan dari saya -- termasuk tawaran film dokumenter Verwoestingen in Soerabaja 1945 -- bisa dipertimbangkan oleh sutradara dan produser demi kesempurnaan film tsb. Statemen Mas Rako menanggapi comment saya dalam kritik dan masukan dengan pernyataan,"seharusnya  kita ketemu sejak awal," ditanggapi teman-2 PBNU sebagai kurangnya kordinasi di antara teman-2 sendiri karena berbagai alasan. Saya sendiri tidak tahu-menahu bahwa film Sang Kyai sdh selesai shooting. Kehadiran saya untuk mengkritik dan memberi masukan film itu pun atas permintaan KH Sholahuddin Wahid.

    Lepas dari kekurangan dari sisi teknis dan konologi sejarah, film itu saya yakini akan mengalami booming saat diedarkan pada Mei 2013 mendatang. Selamat untuk Rapi Film dan sutradara Mas Rako. Film-film seperti ini benar-benar dibutuhkan oleh anak-anak bangsa saat ini yg sudah kehilangan figur ideal pemimpin seperti KH Hasyim Asy'ari.
     Over onward!

posted by Agus Sunyoto
You have read this article Sejarah with the title Preview Film Sang Kyai - Biografi KH Hasyim Asy'ari. You can bookmark this page URL https://pesantren-budaya-nusantara.blogspot.com/2013/03/preview-film-sang-kyai-biografi-kh.html. Thanks!

No comment for "Preview Film Sang Kyai - Biografi KH Hasyim Asy'ari"

Post a Comment