Blog Pesantren Budaya Nusantara adalah sebuah inovasi pendidikan non formal berbasis Budaya Islam Nusantara di dunia maya yang memiliki tujuan memelihara, melestarikan, mengembangkan secara inovatif warisan budaya Nusantara yang adiluhung di tengah arus gelombang globalisasi yang akan menghapus identitas etnis, budaya, bahasa, agama, negara

Friedrich A. Hayek Sang Pemenang Nobel Ekonomi

Oleh: Aditya Restu P.
   Friedrich August Hayek (lahir di Vienna, 8 Mei 1899 – meninggal di Freiburg , 23 Maret 1992 pada umur 92 tahun). Ia adalah seorang ahli ekonomi dan filsafat dari London School of Economics, Inggris,  yang mendapat Penghargaan Nobel untuk bidang Ekonomi tahun 1974 bersama-sama dengan Gunnar Myrdal untuk kontribusi mereka dalam mengembangkan teori mengenai keuangan dan fluktuasi ekonomi.
     Friedrich August  Hayek tidak diragukan lagi sebagai yang paling terkemuka dari para ekonom Austria modern. Mahasiswa Friedrich von Wieser, anak didik dan rekan Ludwig von Mises, dan wakil utama dari generasi yang luar biasa dari teori sekolah Austria, Hayek lebih sukses daripada orang lain dalam menyebarkan ide-ide Austria di seluruh dunia berbahasa Inggris. "Ketika sejarah definitif analisis ekonomi selama tahun 1930-an datang untuk ditulis," kata John Hicks pada tahun 1967, "karakter utama dalam drama (itu cukup drama) akan Profesor Hayek .... Hal ini hampir tidak ingat bahwa ada suatu masa ketika teori-teori baru Hayek adalah saingan utama dari teori-teori baru Keynes "(Hicks, 1967, p. 203). Sayangnya, teori Hayek tentang siklus bisnis akhirnya tersingkir oleh revolusi Keynesian. Pada akhirnya, bagaimanapun, pekerjaan ini lagi diakui pada saat diterima Hayek, bersama dengan Swedia Gunnar Myrdal, 1974 Nobel Memorial Prize dalam Ilmu Ekonomi. Hayek adalah seorang penulis yang produktif selama hampir tujuh dekade, Pekerjaannya dikumpulkan, dan saat ini sedang diterbitkan oleh University of Chicago Press dan Routledge, diproyeksikan pada sembilan belas volume.


Hidup dan Pekerjaan
     Hidup Hayek membentang pada abad kedua puluh, dan ia membuat rumahnya di beberapa komunitas intelektual besar pada masa itu. Born Friedrich August von Hayek pada tahun 1899. Sebuah keluarga terkemuka intelektual Wina, Hayek kuliah di University of Vienna , mendapatkan gelar doktor pada tahun 1921 dan 1923. Hayek datang ke Universitas pada usia 19 setelah Perang Dunia I, ketika itu adalah salah satu dari tiga tempat terbaik di dunia untuk mempelajari ekonomi (yang lainnya adalah Stockholm dan Cambridge, Inggris). Meskipun ia terdaftar sebagai mahasiswa hukum, kepentingan utamanya adalah ekonomi dan psikologi, yang kedua karena pengaruh teori Mach persepsi pada Wieser dan Wieser-rekan Othmar Spann, dan mantan berasal dari cita-cita reformis sosialisme Fabian begitu khas dari generasi Hayek.
         Seperti banyak siswa ekonomi dan sejak saat itu, Hayek memilih subjek bukan untuk kepentingan sendiri, tetapi karena ia ingin memperbaiki kondisi sosial - kemiskinan Wina pascaperang melayani sebagai pengingat harian kebutuhan tersebut. Sosialisme tampaknya memberikan solusi. Kemudian pada tahun 1922 Mises diterbitkan Gemeinwirtschaft Die nya, kemudian diterjemahkan sebagai Sosialisme. "Untuk tidak satupun dari kita pemuda yang membaca buku ketika muncul," kenang Hayek, "dunia itu pernah sama lagi" (Hayek, 1956, p. 133). Sosialisme, elaborasi dari artikel perintis Mises dari dua tahun sebelumnya, berpendapat bahwa perhitungan ekonomi memerlukan pasar untuk alat-alat produksi, tanpa pasar seperti itu tidak ada cara untuk menetapkan nilai-nilai sarana tersebut dan, akibatnya, ada cara untuk menemukan mereka tepat menggunakan dalam produksi. Serangan yang menghancurkan Mises pada perencanaan pusat dikonversi Hayek untuk laissez-faire, bersama dengan sezaman seperti Wilhelm Röpke, Lionel Robbins, dan Bertil Ohlin
        Saat itu sekitar waktu ini bahwa Hayek mulai menghadiri Privatseminar terkenal Mises. Peserta reguler, yang tidak menerima kredit akademik atau pengakuan resmi lainnya untuk waktu mereka, termasuk Hayek, Gottfried Haberler, Fritz Machlup, Oskar Morgenstern, Paul Rosenstein-Rodan, Richard von Strigl, Karl Schlesinger, Felix Kaufmann, Alfred Schütz, Eric voegelin, Karl Menger, Jr, dan lain-lain tidak begitu terkenal. Selama beberapa tahun Privatseminar yang merupakan pusat ekonomi masyarakat di Wina, menarik pengunjung seperti Robbins dari London dan Howard S. Ellis dari Berkeley. Kemudian, Hayek menjadi yang pertama dari kelompok ini untuk meninggalkan Wina, sebagian besar yang lain, bersama dengan Mises sendiri, juga hilang oleh awal Perang Dunia II.
Mises telah melakukan pekerjaan sebelumnya pada teori moneter dan perbankan, berhasil menerapkan prinsip utilitas marjinal Austria dengan nilai uang dan kemudian membuat sketsa teori fluktuasi industri berdasarkan doktrin dari Sekolah mata uang Inggris dan ide-ide dari ekonom Swedia Knut Wicksell. 
          Hayek digunakan terakhir ini sebagai titik awal untuk penelitian sendiri pada fluktuasi, menjelaskan asal dari siklus bisnis dalam hal ekspansi kredit bank dan transmisi dalam hal malinvestments modal. Karyanya di daerah ini akhirnya membuatnya mendapatkan undangan untuk kuliah di London School of Economics dan Ilmu Politik, dan kemudian untuk menduduki Kursi Tooke dalam Ekonomi dan Statistik, yang ia diterima pada 1931. Di sana ia menemukan dirinya di antara sekelompok hidup dan menarik: Robbins, JR Hicks, Arnold Tanaman, Dennis Robertson, TE Gregory, Abba Lerner, Kenneth Boulding, dan George Shackle, untuk menyebutkan hanya yang paling menonjol. Hayek membawa nya (kepada mereka) pandangan asing, dan secara bertahap, dengan "Austria" teori siklus bisnis menjadi dikenal dan diterima. Pada L.S.E. Hayek lectured pada bisnis-siklus teori Mises, yang ia memperbaiki dan yang, sampai Teori Umum Keynes keluar pada tahun 1936, dengan cepat memperoleh pengikut di Inggris dan Amerika Serikat dan menjadi penjelasan disukai Depresi.

Hayek versus Keynes
          Hayek dan Keynes telah berdebat di awal 1930-an di halaman Journal Ekonomi, lebih Treatise on Money Keynes. Sebagai salah satu musuh utama Keynes profesional, Hayek baik terletak untuk memberikan sanggahan penuh Teori Umum. Tapi dia tidak pernah melakukannya. Bagian dari penjelasan untuk ini tidak diragukan lagi terletak pada pesona pribadi Keynes dan keterampilan retoris legendaris, bersama dengan keengganan umum Hayek untuk terlibat dalam konfrontasi langsung dengan rekan-rekannya. Hayek juga dianggap Keynes sekutu dalam memerangi inflasi perang dan tidak ingin mengurangi masalah itu (Hayek, 1994, p 91.). Selain itu, karena Hayek kemudian menjelaskan, Keynes terus berubah kerangka teoretis, dan Hayek melihat tidak ada gunanya bekerja kritik rinci dari General Theory, Keynes jika mungkin berubah pikiran lagi (Hayek, 1963, hal 60,. Hayek, 1966 , hlm 240-41). Hayek berpikir lebih baik tentunya akan menghasilkan penjabaran yang lebih lengkap dari teori modal Bohm-Bawerk, dan ia mulai mencurahkan energinya untuk proyek ini. Sayangnya, Teori Murni Capital tidak selesai sampai tahun 1941, dan pada saat itu model makro Keynesian telah menjadi mapan.
              Dalam beberapa tahun sangat sedikit, namun, nasib dari sekolah Austria mengalami pembalikan yang dramatis. Pertama, teori Austria modal, merupakan bagian integral dari teori bisnis siklus, diserang dari ekonom kelahiran Italia Cambridge Piero Sraffa dan Amerika Frank Knight, sedangkan teori siklus itu sendiri dilupakan di tengah antusiasme untuk Teori Umum . Kedua, dimulai dengan langkah Hayek ke London dan berlanjut sampai awal 1940-an, para ekonom Austria meninggalkan Wina, karena alasan politik pribadi dan kemudian untuk, sehingga sekolah tidak lagi ada di sana seperti itu Mises. Meninggalkan Vienna pada tahun 1934 untuk Jenewa dan kemudian New York, di mana ia terus bekerja dalam isolasi, Hayek tetap di LSE hingga 1950, ketika ia bergabung dengan Komite Pemikiran Sosial di University of Chicago. Austria lainnya dari generasi Hayek menjadi terkemuka di AS - Haberler Gottfried di Harvard, Fritz Machlup dan Oskar Morgenstern di Princeton, Paul Rosenstein-Rodan di MIT - namun pekerjaan mereka tidak lagi tampaknya menunjukkan jejak yang berbeda dari tradisi didirikan oleh Carl Menger .
              Pada Chicago Hayek lagi menemukan dirinya di antara sekelompok menyilaukan: departemen ekonomi, yang dipimpin oleh Knight, Milton Friedman, dan kemudian George Stigler, adalah salah satu yang terbaik di mana saja, dan Direktur Aaron di sekolah hukum segera mendirikan hukum pertama dan program ekonomi . Tetapi teori ekonomi, khususnya gaya penalaran, dengan cepat berubah, Yayasan Paul Samuelson telah muncul pada tahun 1947, membangun fisika sebagai ilmu untuk ekonomi untuk meniru, dan 1953 esai Friedman pada "ekonomi positif" menetapkan standar baru untuk metode ekonomi. Selain itu, Hayek telah berhenti bekerja pada teori ekonomi, berkonsentrasi hanya pada psikologi, filsafat ekonomi memasuki gerhana berkepanjangan pekerjaan penting dalam tradisi Austria dilakukan selama periode ini dengan Rothbard (1956, 1962, 1963a, 1963b), Kirzner (1963, 1966, 1973), dan Lachmann (1956),. tapi setidaknya publik, tradisi Austria berbaring sebagian besar aktif.
            Ketika tahun 1974 Hadiah Nobel di bidang ekonomi pergi ke Hayek, minat sekolah Austria tiba-tiba dan tak terduga dihidupkan kembali. Sementara ini bukanlah peristiwa pertama yang disebut "kebangkitan Austria," konferensi South Royalton mengesankan setelah terjadi sebelumnya tahun yang sama, penemuan kembali Hayek oleh profesi ekonomi itu tetap peristiwa yang menentukan dalam kebangkitan ekonomi Austria. tulisan Hayek diajarkan kepada generasi baru, dan Hayek sendiri muncul di Institut Studi awal untuk konferensi Humane pada pertengahan 1970-an. Dia terus menulis, memproduksi The Conceit Fatal pada tahun 1988, pada usia 89. Hayek meninggal pada tahun 1992 di Freiburg, Jerman, di mana ia telah tinggal sejak meninggalkan Chicago pada  1961.
           Warisan Hayek dalam bidang ekonomi adalah kompleks. Di antara ekonom utama, ia terutama dikenal karena Road yang populer, The ke Perbudakan Sistem (1944) dan untuk karyanya pada pengetahuan di tahun 1930-an dan 1940-an (Hayek, 1937, 1945). Spesialis dalam bisnis-teori siklus mengenali awal ia bekerja pada fluktuasi industri, dan teori informasi modern sering mengakui pekerjaan Hayek pada harga sebagai sinyal, meskipun kesimpulannya biasanya diperdebatkan. karya Hayek juga dikenal dalam filsafat politik (Hayek, 1960) , hukum teori (Hayek 1973-1979), dan psikologi (Hayek, 1952). Dalam sekolah Austria ekonomi, pengaruh Hayek, sementara dapat disangkal besar, sangat baru-baru menjadi subyek kontroversi. Penekanannya pada tatanan spontan dan karyanya pada sistem yang kompleks telah banyak berpengaruh di kalangan banyak Austria. Lain lebih suka untuk menekankan karya Hayek dalam ekonomi teknis, terutama pada modal dan siklus bisnis, mengutip ketegangan antara beberapa yang Hayek dan pandangan Mises pada tatanan sosial.

Aditya Restu P, mahasiswa program studi bahasa dan sastra Inggris FIB Universitas Brawijaya
You have read this article with the title Friedrich A. Hayek Sang Pemenang Nobel Ekonomi. You can bookmark this page URL http://pesantren-budaya-nusantara.blogspot.com/2012/12/friedrich-hayek-sang-pemenang-nobel.html. Thanks!

No comment for "Friedrich A. Hayek Sang Pemenang Nobel Ekonomi"

Post a Comment